Perbedaan Gula Kristal Putih Dengan Gula Kristal Mentah

 

Gula kristal putih memiliki karakteristik. Yaitu butirannya yang lebih kecil dan berwarna putih. Berbeda dengan tekstur gula kristal mentah, yang butirannya besar dengan warna kecoklatan. Gula Kristal Putih merupakan produk hasil akhir, dari pengolahan gula kristal mentah. Lalu Mengapa dinamakan sama-sama gula Kristal ? Karena memang merupakan proses fabrikasi yang menjadikannya berbentuk kristal. Agar lebih jelas memahami perbedaannya. Berikut ini ulasan perbedaannya. Antara lain :

1. Ukuran

Untuk ukuran gula kristal putih butirannya kasar. Namun lebih kecil dibandingkan dengan ukuran gula kristal mentah. Ini dikarenakan gula kristal mentah merupakan hasil awal pengolahan dari tebu. Dan belum bisa dikonsumsi langsung.

2. Warna

Dari sisi warna terlihat jelas gula kristal putih memiliki warna lebih bersih. Dibandingkan dengan kristal mentah yang masih cenderung kecoklatan. Ini dikarenakan gula kristal mentah merupakan produk setengah jadi dari pabrik tebu, yang butuh pengolahan lanjutan, agar menjadi gula putih atau gula rafinasi

3. Kadar Icumsa

Kadar ICUMSA dari gula kristal putih adalah 200-300. Sedangkan untuk gula kristal mentah kadarnya  600-1200. ICUMSA merupakan metode pengujian warna gula. Untuk mengukur warna gula, dimana alat yang digunakan adalah spektrofotometer.

4. Kualitas

Dari sisi kualitas, jelas gula kristal putih memiliki kualitas lebih baik dibandingkan gula kristal mentah. ini dikarenakan gula kristal putih sudah bisa dijual di pasaran. Dan bisa langsung dikonsumsi oleh pembeli.

5. Konsumsi

Gula kristal mentah sesuai namanya, memang tidak bisa langsung dikonsumsi. Maupun dijadikan campuran untuk olahan makanan dan minuman. Ini dikarenakan butirannya yang masih kasar. Dan masih harus melalui proses tahapan untuk menjadi gula kristal putih. Sedangkan gula kristal putih sendiri adalah hasil akhir dari pengolahan gula kristal mentah. Sehingga bisa langsung dikonsumsi.

Itulah sedikit ulasan mengenai perbedaan gula kristal putih dengan gula kristal mentah. Dari uraian tersebut, jelas yang paling sering digunakan untuk kebutuhan usaha rumahan maupun konsumsi, adalah gula kristal putih. Sedangkan untuk gula kristal mentah, merupakan produk setengah jadi. Yang butuh proses pengolahan lanjutan di pabrik pembuatannya.